Kedai BAKSO SABILI

Kedai BAKSO SABILI
Jl. Ciwastra 187 Buah Batu Bandung

Pemicu Sakit Maag / Lambung

Teh selain memiliki khasiat antioksidan yang tinggi, serta memiliki zat tehin yang merupakan zat dengan efek serupa kafein sehingga kan menyegarkan sang peminum ternyata juga memiliki efek buruk bagi penikmat teh yang berlebihan.



Beberapa penelitian nutrisi klinik menyebutkan bahwa teh memiliki gugus kimia dengan 4 reseptor bebas yang dengan mudah mengikat zat besi dalam darah (Fe), sementara Fe tersebut bertugas sebagai pengikat oksigen dalam sel darah merah. jika Fe tidak terikat baik dalam sel darah karena justru terikat oleh gugus teh tersebut akan menjadikan berkurangnya kadar Fe dalam perputaran darah dala tubuh yang selanjytnya akan menyebabkan anemia atau kurang darah.

tehin sebagai kandungan aktif teh ternyata juga mampu mngiritasi lapisan dalam lambung, sehingga akan mengakibatkan maag atau radang dinding lambung. jadi alangkah baiknya jika minum teh sambilngemil... suapaya melindungi lambung itu sendiri.. kalo pas laper atau pola makan tak teratur dengan hoby teh berlebihan.. akan menimbulkan gejala perut sering kembung, dan perut bagian atas kiri, tersa mulas hingga perih....

Jadi.. Teh memiliki banyak kahasiat yang baik... sebagaimana obat walaupun berasal dari alam, tetap saja penggunaannya harus secukupnya. jangan terlalu banyak ya...

10 Penyebab Sakit Maag

1. Kopi, teh atau minuman lain yang mengandung kafein
Kafein dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan gas di lambung naik hingga kerongkongan.

2. Coklat
Coklat mengandung konsentrasi teobromin (sebuah senyawa yang secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi), yang akan melemaskan otot LES, memicu asam lambung naik ke kerongkongan. ( wah beruntungnya ngga punya sakit maag, jadi bisa makan coklat sepuasnya hehehhehe )

3. Makanan berminyak dan berlemak
Makanan tersebut cenderung lambat dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat membuahkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

4. Tomat dan produk berbahan dasar tomat
Makanan tersebut semuanya meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik

5. Alkohol
Alkohol bekerja melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan. Alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.

6. Rokok
Bahan kimia pada asap rokok dapat melemahkan katup saat dia melewati paru-paru masuk kedalam darah.

7. Makan dalam jumlah besar
Perut yang 'penuh' dapat memberikan tekanan ekstra pada katup LES, yang akan meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbaliknya sejumlah makanan ke kerongkongan.

8. Buah asam dan jus
Buah-buahan yang berasa asam berikut produknya, seperti jus, berperan dalam melenturkan LES.

9. Makan antara 2-3 jam sebelum tidur
Berbaring dengan perut penuh dapat menyebabkan isi perut menekan katup LES, meningkatkan peluang terjadinya refluks makanan ke kerongkongan.

10. Pakaian terlalu ketat
Pakaian yang memeluk terlalu ketat di sekitar perut akan menekan perut, sehingga makanan akan terdorong naik mendorong katup LES. Pakaian yang dapat menimbulkan masalah semacam ini antara lain korset dan mengencangkan ikat pinggang terlalu ketat.

Tambahan :
Jangan minum air dingin ( air kulkas ), usahakan jangan sering-sering minum obat yang mentralkan asam lambung contoh promag, sanmag, dan yang lain yang sejenisnya yang mentralkan asam lambung. karena bisa menyebabkan kebiasaan. Kalo emang telat makan...makan yang manis2 dulu ( contoh : madu )

Permen Karet Solusi Ringankan Sakit Maag?

Ada kabar bagus untuk Anda yang suka mengunyah permen karet dan kebetulan kerap didera sakit maag (heartburn). Para peneliti baru-baru ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dengan kandungan sedikit gula setelah makan dapat menurunkan keasaman di lambung. Permen karet merangsang produksi saliva (air liur). Nah, karena sifat air liur itu basa (alkali), makanya dapat mentralisir asam.

"Saat anda menelan air liur, hal itu akan menetralkan asam di lambung," papar Dr. David C. Metz, seorang guru besar pengobatan divisi gastroenterologi University of Pennsylvania Health System di Philadelphia. "Mengisap permen mungkin juga akan membantu mengurangi gejala maag dengan alasan yang sama".

Meningkatnya air liur juga meningkatkan pembersihan lambung, lanjut Dr. Bennett Roth, seorang guru besar dan kepala sebuah klinik gastroenterologi David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles, seperti dikutip MSNBC.com

"Manakala Anda menelan air liur, pada saat yang sama lambung akan dibersihkan dari segalanya, termasuk asam," papar Roth.

Bagi orang-orang yang sesekali terserang sakit maag, mengunyah permen karet setelah makan merupakan trik yang bagus untuk mencegah gangguan nyeri ulu hati datang dan pergi, saran Roth.

Namun, orang yang sering mengalami sakit maag disarankan mencari sesuatu yang lebih efektif untuk meredakan gangguan nyeri ulu hati, misalnya obat maag jenis antasida.

Sebuah studi yang diikuti 12 orang yang mengidap gastroesophageal reflux disease (GERD) dan 24 sukarelawan berbadan sehat menemukan bahwa kadar keasaman setelah makan berkurang, baik dengan cara berjalan-jalan dan mengunyah permen karet.

Namun para peneliti menemukan, pada orang yang berjalan-jalan setelah makan pagi kadar penurunan asam lambung hanya bersifat sementara. Sementara pada mereka yang mengunyah permen karet setelah makan, efek penurunan asam lambung lebih bertahan lama, hampir 3 jam.

Efek samping yang menguntungkan bagi pengunyah permen karet adalah, pada saat yang sama mereka dapat melindungi gigi, selain mengurangi gejala sakit maag.

0 Response to "Pemicu Sakit Maag / Lambung"

Powered by Blogger