Kedai BAKSO SABILI

Kedai BAKSO SABILI
Jl. Ciwastra 187 Buah Batu Bandung

Mengenali 4 perangai dasar seseorang/Atasan

Membina hubungan yang posiitf dengan atasan atau pihak yang memiliki kewenangan memutuskan suatu hal pada masa krisis global sekarang ini dimana banyak pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan sangatlah penting.Memang kedengarannya sangatlah tidak Fair , tapi itu perlu diambil atas dasar siapa "Team Player" yang baik, atau sesederhana siapa yang paling disukai.


Kunci bagaimana menempatkan diri anda ditempat yang "strategis" bila kemungkinan di atas terjadi. Menurut Dr. Keirsey, seorang Psikolog terkenal yang sudah 60 tahun mengobservasi orang-orang dan organisasi, ada 4 perangai dasar yang mengkategorikan orang:

1. Pelindung

Merupakan orang yang praktis dan sederhana, selalu mengikuti peraturan dan kooperatif dengan orang lain. Mereka percaya bahwa loyalitas, disiplin, dan teamwork dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Mereka akan tersanjung bila dapat diandalkan dan dipercaya, dan mengharapkan bawahan mereka dapat menyatukan komitmen juga menghargai jabatan dan pengalaman bawahannya. Mereka tidak suka "mengacaukan keadaan", dan "mempertanyakan otoritas" merupakan pembangkangan terhadap perintah. Menanyakan perintah-perintah mereka atau melanggar peraturan, bahkan secara pribadi-tapi khususnya dimuka umum- kemungkinan besar akan menempatkan anda pada daftar terbawah karyawan yang harus dipertahankan.

2. Bertangan Dingin

Merupakan orang yang sangat pragmatis dan lebih menghargai hasil daripada terikat kuat pada peraturan. Mereka cenderung memiliki energi dan kemampuan beradaptasi yang tinggi, dan mereka orang yang aktif dan tidak suka hanya duduk diam. Mereka suka "mencari keajaiban dimenit-menit terakhir" yang memacu tinggi adrenalin mereka, dan ahli mengkalkulasi resiko yang diambil. Mereka tidak suka karyawan yang menolak atau takut melakukan hal dengan cara yang berbeda-yang berlawanan dengan keputusan "follow the rules" dari atasan Pelindung.

3. Idealis

Melihat tempat kerja sebagai arena untuk saling tergantung antar sesama pekerja. Mereka menyukai keharmonisan dalam tim mereka dan dengan departemen-departemen lainnya. Mereka suka menolong karyawan mereka mempelajari keterampilan baru dan menghargai karyawan yang "berkembang dalam pekerjaan mereka" secara berkesinambungan. Dari ke 4 tipe atasan, tipe idealis merupakan tipe yang senang membangun hubungan personal dengan karyawannya. Mereka sangat menentang dan tidak menyukai berkembangnya konflik. Menciptakan perselisihan, dimanapun didalam organisasi, adalah tiket anda menuju daftar terbawah dari tipe atasan seperti ini.

4. Rasional

Menghargai kompetensi di atas segalanya, baik dalam diri mereka sendiri atau dalam diri karyawan mereka. Mereka menghargai ide-ide yang orisinil dan inovatif, dan tidak pernah terlupakan oleh "jabatan" ataupun "pegalaman". Mereka mengharapkan karyawan mereka akurat dengan apa yang mereka katakan dan tidak cemas berlebihan dengan konflik atau hal-hal yang menggangggu lainnya. Mereka sangat tidak suka dengan karyawan yang tidak bisa bekerja sendiri, menunjukan inisiatif, atau terlihat tidak kompeten. Tidak memiliki data yang mendukung keputusan ketika ditantang, atau tidak menantang status quo itu ketika memiliki data, akan membuat anda karyawan yang tidak berharga untuk dipertahankan oleh tipe atasan seperti ini.

Jadi, untuk dapat menciptakan hubungan yang baik dengan atasan sebelum hari yang "menentukan" itu datang, anda sudah mendapatkan keuntungan yang pasti jika anda dapat mengetahui perangai atasan atau atasan atasan anda dan mengubah perilaku anda dengan sesuai.

Seperi yang anda lihat dari penjabaran di atas, perilaku anda yang sama yang tidak diperlukan salah satu tipe dapat dengan mudah diperlukan oleh tipe lainnya. Dalam musim pemutusan hubungan kerja yang sedang terjadi, setiap batas tepi yang anda berikan pada diri anda akan meningkatkan kemungkinan anda adalah salah satu yang akan tetap bertahan.

sumber : perempuan.com

0 Response to "Mengenali 4 perangai dasar seseorang/Atasan"

Powered by Blogger