Kedai BAKSO SABILI

Kedai BAKSO SABILI
Jl. Ciwastra 187 Buah Batu Bandung

Senam Otak Buat Anak

Pertumbuhan otak anak biasa dimulai sejak masih dalam kandungan dan berkembang setelah lahir hingga usia 3-5 tahun. Asupan makanan bergizi memang sangat penting tetapi diimbangi dengan melakukan senam otak (brain gym).

Otak adalah pusat segala pikiran dan bila sehat maka segala aktivas dapat berjalan dengan baik. Nutrisi yang baik dan segala aktivitas yang tepat dapat menunjang kesehatan, keseimbangan serta mengaktifkan bagian yang ada pada otak. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah senam otak.

Senam ini merupakan serangkaian gerak sederhana yang memudahkan kegiatan belajar dan menyesuaikan dengan tuntutan hidup sehari-hari. Senam otak adalah inti dari pendidikan kinesiotogi, yang mengacu pada menarik keluar potensi terpendam melalui gerakan tubuh.



Dengan senam, bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup akan terbuka dan menandakan bahwa kegiatan belajar berlangsung dengan menggunakan seluruh otak. Senam ini dapat dilakukan oleh segala usia, mulai dari bayi hingga orang lanjut usia. Untuk melakukan senam ini anak harus dibantu oleh orang tuanya setelah usia 3 tahun, mereka bisa melakukan sendiri.

Tanpa disadari bayi bisa melakukan gerakan senam otak seperti merangkak. Sebelum merangkak menggunakan kaki dan lutut, anak mencoba bergerak maju dengan bantuan perutnya baru mulai menggunakan lututnya. Awalnya gerakan lutut dan tangan tidak terkoordinasi tetapi kemudian bergerak sesuai dengan koordinasi tangan kanan dan kiri.

Dengan merangkak maka otak bayi akan terstimulasi. Selain itu dengan bertepuk tangan, menyanyi, dan menari juga menjadi bagian dari senam otak. Saat anak bertepuk tangan maka energi akan mengalir pada masing-masing ujung jarinya dan berjalan hingga ke otak.

Intinya memang bergerak karena merupakan kunci untuk belajar dan penting bagi perkembangan otak bayi. Menurut New Beginning Journal 2001, gerakan yang menggunakan seluruh tubuh serta perasaan tersebut sehingga membuat bayi memprogram alat motorik; perseptual, saraf dan sel otak.

Sel otak sudah mulai terbentuk saat bayi berada dalam kandungan lalu berkembang setelah lahir dan saat bayi bergerak mengikuti pola yang secara aktual dapat membantu menghubungkan antara sel-sel saraf. Anak-anak usia sekolah juga mendapat manfaat positif dari senam otak. Kegiatan tersebut menjadi suatu pendekatan holistik yang digunakan dalam kertas untuk membantu anak-anak menambah motivasi, terutama setelah makan siang atau sebelum mengerjakan tugas khusus. Hasilnya, anak kembali berenergi dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran selanjutnya.

Bermain drum, piano, gitar, dan alat musik lainnya juga merupakan bentuk kegiatan yang dapat melatih koordinasi antara mata, telinga, dan kaki. Mengajak anak untuk berkaraoke bersama juga bisa mengaktifkan otak kanan, terutama pada jaringan sistem limbik.

Ada tiga dimensi otak, yaitu lateralitas (bagian kiri dan kanan), fokus (bagian muka dan belakang), serta pemusatan (bagian atas dan bawah). Dimensi lateralitas berfungsi untuk komunikasi dan dilakukan dengan gerakan menyeberang garis tengah. Pada dimensi ini otak kiri menjadi aktif jika sisi kanan tubuh digerakkan dan sebaliknya. Menyentuh tangan kiri ke lutut atau tumit kanan dan sebaliknya merupakan gerakan menyeberang yang bermanfaat bagi dimensi otak kiri dan kanan.

Untuk dimensi fokus yang berkaitan dengan pemahaman, gerakan yang dilakukan adalah meregangkan otot. Hal ini dilakukan untuk menunjang kesiapan menerima sesuatu baru dan mengekspresikan informasi yang sudah diketahui. Anak bisa diajari melakukan gerakan seperti kuda-kuda. Dengan kaki terbuka, kemudian arahkan kaki kanan ke kanan dengan kaki kiri lurus ke depan. Lalu tekuk lutut kanan sambil membuang napas. Ambil napas saat lutut kanan diluruskan sambil menarik pinggul ke atas dan lakukan arah sebaliknya.

Gerakan tersebut bisa dilakukan terutama pada anak yang sulit berkonsentrasi. Melalui gerakan tersebut semangat belajar akan meningkat. Dimensi pemusatan atau pengaturan bisa dilakukan dengan gerakan-gerakan untuk meningkatkan energi. Seperti memijat kedua daun telinga secara perlahan akan mengalirkan energi ke otak. Anda pun bisa melakukan pemijatan tersebut pada bayi anda agar jaringan saraf di otak aktif dan informasi dari tubuh ke otak akan berfungsi dengan baik.

Lakukan gerakan ini selama 30 detik setiap hari agar mendapat manfaat yang optimal. Beberapa literatur penelitian menunjukkan bahwa senam otak juga berguna untuk anak-anak yang mengalami disleksia maupun attention deficit hyperactive disorder (ADHD) atau gangguan hiperaktif dengan perhatian kurang.

Menurut para ahli dengan senam otak maka kemampuan akademis seperti membaca, menulis, mengeja, dan matematika akan lebih baik. Ingatan dalam otak anak juga menjadi lebih terkonsentrasi dan fokus dengan koordinasi fisik maupun keseimbangan, kemampuan berkomunikasi dan pengembangan bahasa, serta pengembangan diri.

sumber : perempuan.com

6 Response to "Senam Otak Buat Anak"

  1. Anonymous says:

    kayaknya senam otak bisa dijadikan sebagai hal yg mesti dilakukan di setiap sekolah (termasuk di rmh juga dgn didampingi ortu)karena ternyata banyak sekali manfaatnya dan rasanya tdk sulit untuk mempraktekannya.

    Unknown says:

    Artikel menarik..blognya juga keren..
    Saya juga punya artikel tentang dunia anak-anak di blog saya..
    Ada juga :
    1. Tips parenting
    2. Pendidikan kreatif anak
    3. Dongeng pendidikan..
    4. Lagu anak
    5. D l l
    Semua ada di http://lagu2anak.blogspot.com

    Salam kenal dari Kak Zepe
    Mari bertukar link.. 
    ,,,

    Unknown says:
    This comment has been removed by the author.
    Unknown says:

    alhamdulilla.. akhirnya dapat referensi SENAM OTAK untuk anak-anak terimakasih lhoo..
    oya bun mungkin ada yg punya referansi tempat suplayer kaos kaki anak, klo punya info sy ya...
    mohon bantuannya tris

    Unknown says:

    wah keren gan
    ternyata senam itu gak cuma untuk keswharan tubuh saja ya.. dan sekarang senam ini malahan sudah ada senam otak..
    dan untuk baju senam murah untuk senam ini seperti apa ya..

    Unknown says:
    This comment has been removed by the author.
Powered by Blogger